Our social:

Tuesday 12 May 2015

Tempat Duduk Kereta Api

Assalamu'alaikum. Wr. Wb
Hai semua, bertemu lagi dengan ane di blog tercinta ini, haha. Oke kali ini ane akan menjelasken sedikit tentang denah tempat duduk kereta api beserta tips - tips penyesuaian nih buat yang mau tidur, yang pengen mbordes atau apalah apalah, wkawka. Oke, langsung saja, cekidoot.

Kelas Eksekutif


denah kereta eksekutif argo dan eksekutif biasa


Fasilitas
  1. AC
  2. Kapasitas satu kereta 50 seat (eksekutif argo) & 52 seat (eksekutif biasa)
  3. Kapasitas maksimum 100%
  4. Satu baris 4 kursi (2-2), dengan pemisah, posisi tempat duduk seluruhnya menghadap depan, bisa diputar ke belakang
  5. Tegak kursi bisa diatur
  6. Sandaran kaki
  7. Gratis bantal & selimut
  8. Penjualan makanan
  9. TV LCD, satu kereta terdapat dua TV, di ujung depan dan ujung belakang...
  10. Socket plug tiap dua kursi





Sebenarnya ada kelas yang sedikit lebih tinggi, yaitu "Eksekutif Argo", secara umum fasilitas yang ada sama dengan kelas eksekutif, hanya beda dalam waktu tempuh (jumlah stasiun pemberhentian) dan skala prioritas (ketika simpangan atau pertemuan, eksekutif argo harus melaju lebih dulu dan kelas-kelas di bawahnya harus mengalah).

Tips
  1. Bwt yg doyan jalan2 ato nongkrong di bordes seat strategis adalah 1ABCD, 2ABCD, 12ABCD, 13ABCD, tapi minusnya adalah berisik karena dekat dengan bordes dan ketika berhenti di stasiun-stasiun banyak pedagang asongan yang teriak di pintu ditambah lagi ada beberapa crew kereta api yang malas tutup pintu ketika masuk/keluar ruangan penumpang. Guncangan juga lebih terasa karena seat berada diatas boogie (rangkaian roda kereta), tapi lebih halus daripada kelas 2 dan kelas 3.
  2. Untuk yangg doyan tidur seat strategis adalah yang berada ditengah-tengah kereta dan disamping jendela: 6A, 6D, 7A, 7D, 8A, 8D.
  3. Untuk yang tidak mau bosan umumnya cowok ingin dapat seat yang disebelahnya ditempati cewek cakep tapi bagi yang tidak mau bosan, mending pilih single seat 1C & 13B (daripada dapat seat disebelah orang ribet/bawel).
  4. Untuk yang doyan beser pilih Seat B & C karena gampang mondar mandir ke toilet tanpa sungkan sama tetangga.

Kelas Bisnis


Fasilitas
  1. Kipas angin
  2. Satu kereta 64 tempat duduk
  3. Kapasitas maksimum 100%
  4. Satu baris 4 kursi (2-2), posisi tempat duduk seluruhnya menghadap depan, bisa diputar ke belakang
  5. Tegak kursi tidak bisa diatur
  6. Bantal (sewa)
  7. Penjualan makanan
  8. Socket plug

 Tips  
  1. Panah kuning artinya sandaran bisa dibalik berhadap-hadapan.
  2. Panah merah kalau perjalanan searah panah merah (seat 17 paling depan) maka seat 16AB adalah seat yang paling tidak enak karena berhadapan dengan dinding toilet, akibatnya area kaki jadi sempit, satu-satunya cara untuk mengatasi ini adalah dengan membalik sandaran jadi berhadap-hadapan dengan seat 15AB. Alhasil penumpang di seat 15AB juga jadi kebagian tidak enak karena sama aja jadinya seperti naik kereta kelas ekonomi(3), duduk berhadap-hadapan dan kemungkinan dengkul bisa beradu.
  3. Panah biru kalau perjalanan searah panah biru (seat 1 paling depan) maka kasus panah merah terjadi di seat 2CD. Yang diuntungkan adalah seat 1AB karena area kakinya lebih luas daripada seat lainnya, tapi bisa jadi juga tidak ada bagasi diatasnya seperti seat 17CD di panah merah.
  4. Kesimpulan dulu saya sangka perjalanan kereta api dari Jakarta pasti susunan seatnya adalah nomer 1 paling depan, tapi kenyataannya tidak selalu begitu. Jadi hindari saja 8 bangku ini: 2CD, 3CD, 16AB, 15AB.

 

Kelas Ekonomi AC (Abu Biru)


Fasilitas
  1. AC
  2. Satu kereta 80 tempat duduk
  3. Kapasitas maksimum 100%
  4. Satu baris 4 kursi (2-2) tanpa pemisah, posisi kursi antar baris saling berhadap-hadapan
  5. Tegak kursi tidak bisa diatur
  6. Bantal (sewa)
  7. Penjualan makanan 
  8. Papan LED display penunjuk lokasi / nama stasiun yang disinggahi

Tips
  1. Harga hampir menyamai kelas bisnis
  2. Panah biru artinya seat 1 berhadapan dengan seat 2, seat 3 berhadapan dengan seat 4, seat 5 berhadapan dengan seat 6, dan seterusnya. Seat di kereta ini tidak bisa diputar.
  3. Seat yang asik  diberi warna biru tua (prioritas berdasarkan jarak ke bordes):
                                   1AB - 22CD, 2AB - 21CD,  3ABCD - 20ABCD, 4ABCD - 19ABCD

 

Kelas Ekonomi AC (Orange)


Fasilitas
  1. AC Rumah
  2. Harga murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintah
  3. Satu kereta 106 tempat duduk
  4. Kapasitas maksimum 100%
  5. Satu baris 5 kursi (2-3), tanpa pemisah, posisi tempat duduk antar baris saling berhadap-hadapan
  6. Tegak kursi tidak bisa diatur
  7. Bantal (sewa)
  8. Penjualan makanan











Tips
  1. Panah pink artinya seat 1 berhadapan dengan seat 2, seat 3 berhadapan dengan seat 4, seat 5 berhadapan dengan seat 6 dan seterusnya. Seat di kereta ini tidak bisa diputar.
  2. Semakin ke tengah semakin panas karena kereta ini jumlah penumpangnya paling banyak, maka jumlah pasang hidung yang mengnghirup oksigen juga banyak. Akibatnya posisi seat ditengah kereta panas apa lagi ditambah dengan pedagang asongan yang mondar mandir.
  3. Disarankan berangkat malam untuk menghindari mandi sauna.
  4. Recommended seat pertama adalah 1AB, 2AB, 23DE, 24DE. Karena dekat dengan bordes, jadi lumayan dingin karena banyak angin, namun super berisik, dan terkadang bau pesing dari toilet terjadi ketika kereta berhenti. Kemudian seat 3B dan 22B karena selain masih deket dengan bordes, masih bisa duduk menyamping. Recommended Seat yang terakhir adalah 4C, 21C karena depannya luas, jadi bisa meluruskan kaki
  5. Worst seat, seat warna merah adalah seat mati gaya, bayangkan saja duduk bertiga paling tengah, berhadap-hadapan dengan 3 orang. Kalau orang yang di kiri kanan badannya besar, ya sudah doubel naas.
Tips milih tempat duduk khusus yg beli online via tiket.com
‘Kejutan’ baru terjadi ketika kami menaiki kereta menuju tempat duduk. Tempat duduk kereta api Matarmaja itu formasinya 3-2 dengan posisi duduk berhadap-hadapan. Saya membeli tiket untuk 4 orang di tiket.com dengan maksud agar bisa duduk di tempat duduk yang 4 orang saling berhadap-hadapan. Jika melihat pada denah tempat duduk yang tertera waktu pemesanan, tempat duduk yang saya inginkan adalah yang berkode A & B, karena C-D-E itu adalah tempat duduk untuk 6 orang. Tapi ternyata, tiket.com salah dalam memberi info denah kursi penumpang. Seharusnya, tempat duduk untuk 6 orang adalah di kursi yang berkode A-B-C dan untuk yang 4 orang adalah D-E. Walhasil, kami pun terpaksa berbagi dua slot kursi dengan outsider(s).

eksterior kereta kelas ekonomi
Saran saya untuk yang mau naik KA ekonomi dan belinya di tiket.com, pastikan dulu mau kursi yang bertiga-bertiga atau yang berdua-berdua. Untuk pilihan yang pertama, sebaiknya pilih kursi dengan kode A-B-C, dan untuk yang kedua pastikan pilih yang D-E meskipun tidak sesuai dengan gambar di denah (dengan asumsi denahnya belum diralat). Lalu agar nantinya duduk bisa berhadap-hadapan (dan bukan punggung-punggungan), pastikan juga pemilihan nomor kursinya karena kalo lihat di website tidak keliatan posisinya. Waktu itu saya pilih nomor 17-18 dan itu berhadap-hadapan plus tidak terlalu deket dari WC agar tidak kebauan. Jadi, posisi kursi yang berhadap-hadapan itu  nomor 21-22, 19-20, 15-16, 13-14, 11-12, 9-10, dan seterusnya. Oh, dan kalau gtidak ingin terlalu berisik dengan suara bising lokomotif, pilih kereta setelah kereta 1 & 2 (gerbong 3 s/d 6, selama persediaan masih ada).

Kalau beli di tiketkai.com denah tempat duduk lebih valid, dan selalu pilih seat E, untuk yg mau tidurs aja dan deket jendela pula.


Semoga bermanfaat.

10 comments:

  1. mantabb ooomm infonya. makasih ya :D

    ReplyDelete
  2. mau tanya om, klo di denah t4 duduk kereta ekonomi AC itu, posisi seat 11 A-B itu klo jln maju / mundur ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo itu tergantung kondisi (bejo bejoan) 😃 kadang di kereta diputer kadang juga nggak

      Delete
  3. Saya prnah naik ka bisnis di tiket tertera 13D, tapi saat naik posisi 13D itu klo dilihat gambar di atas sya duduk di 5D. jdi bingung hitungan angka 1 di mulai dari mana?

    ReplyDelete
  4. mas ini info seat berlaku untuk kereta api brantas 176?

    ReplyDelete
  5. Maaf pak bu.. mau tanya kalo posisi seat kereta api matarmaja pasar senen kertosono itu seat nya 2-2 atau 2-3.. mohon penjelasanya..

    ReplyDelete
  6. Kalau bawa sepeda lipat lokal bagaimana, memungkinkah untuk kereta eksekutif?

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.