Our social:

Monday, 16 March 2015

CC 201 56 Si Donal Bebek

Lokomotif yang satu ini memang agak sedikit aneh karena memiliki kaca kabin atau gampangannnya matanya yang berbeda dan para railfans sering menyebutnya Loko Donal Bebek.
3373957925_38e5601944
Lokomotif yang dialokasikan di Dipo Lokomotif Purwokerto merupakan yang terbanyak dibanding dipo lain. CC201 berkode PWT bernomor seri 49 sampai dengan 71. Diantara 24 loko CC201, CC20156 yang paling unik.
Secara teknis dan kemampuan, CC201 ini sama seperti loko lainnya. Hanya saja dilihat dari kaca kabin depan, mukanya terlihat berbeda. Ukuran kacanya pun sedikit memanjang kebawah dan terpasang potrait (tegak), bukan landscape (memanjang) seperti CC201 lainnya. Karena itu, loko buatan General Electrik USA generasi kedua ini ada yang menamainya dengan tokoh kartun donal bebek.
Bentuk wajah CC20156 ini sebenarnya ada kembarannya yaitu CC20176 milik Dipo Jatinegara.

Satu Meja Layanan
Keunikan lain dari CC20156 selain mukanya yang terlihat lucu, juga fasilitas meja layanannya. CC201 yang lazimnya memiliki dua meja layanan, namun pada CC20156 hanya ada satu meja layanan saja. Pada posisi hidung pendek (shorthood) di depan, posisi meja layanan berada disebelah kiri alias kidal. Dengan satu meja layanan ini, ruang kabin masinis menjadi lebih luas.
Penyebab CC20156 ini hanya memiliki satu meja layanan, berawal dari PLH (Peristiwa Luar biasa Hebat) yang menimpanya beberapa tahun silam. Akibat bertabrakan dengan Stoomwals (alat berat pengeras jalan) di perlintasan wilayah Tegal, muka CC20156 ringsek pada bagian kabin dan meja layanannya. Setelah diopname di Balai Yasa Pengok Yogyakarta, dengan terpaksa satu meja layanannya harus diamputasi. Demikian juga dengan terpaksa satu meja layanannya harus diamputasi. Demikian juga dengan sand box (kotak pasir) atau shorthood yang terpaksa dipotong sehingga tampak lebih rendah.
2605753531_70e58ccb21
Narik KA Barang
Meskipun terkadang dioperasikan menarik KA penumpang seperti Sawunggalih Utama dan Purwojaya, namun CC20156 lebih sering untuk menarik KA barang terutama KA ketelan (BBM) dari Maos ke Tegal. Adakalanya, loko kidal ini menarik KA pengangkut semen dari Karangtalun ke Lempuyangan.
Sumber : Majalah KA – Juli, 2008

Semoga bermanfaat.

1 comment:

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.