Our social:

Saturday 27 June 2015

Penyakit Scabies dan Penyembuhannya

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Halo. Pernah tidak, anda merasakan gatal pada bagian tubuh tertentu dan juga terjadi pada orang disekitar anda? Mungkin, agan sedang terkena penyakit scabies ato gudik atau juga kudis.

Penyakit scabies adalah penyakit gatal pada kulit yang disebabkan oleh tungau atau kutu kecil yang bernama Sarcoptes Scabiei varian hominis, ditandai dengan keluhan gatal, terutama pada malam hari dan sangat mudah menular, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Nah, tungau ini berukuran sangat kecil dan tidak bisa dilihat oleh mata telanjang.sehingga untuk melihatnya, kita perlu menggunakan mikroskop. Ukuran tungau betina berkisar antara 0.3 - 0,4 mm, sedangkan untuk jantan, ukurannya setengah dari ukuran betina.

Kutu betina yang sudah dibuahi, akan tinggal di bawah kulit dengan membuat liang terowongan pada kulit, dan disana, si tungau akan bertelur sekitar 40 - 50 butir telur, dan akan menetas dalam waktu 3 - 5 hari. Diluar kulit, kutu ini hanya akan bertahan hidup selama 2 - 3 hari pada suhu kamar.

Karena penyakit ini disebabkan oleh kutu yang dapat berpindah tempat, maka penyakit ini sangat mudah menular. Penularannya dapat secara langsung maupun tidak langsung. Penularan secara langsung terjadi jika penderita bersentuhan kulit dengan yang akan ditulari. Penularan secara tidak langsung dapat terjadi melalui handuk, pakaian, sprei bahkan ruangan yang dipakai dan ditempati oleh si penderita. Maka tak heran apabila penyakit ini merupakan penyakit berjamaah baik satu keluarga, bahkan satu daerah.

Setiap penyakit pasti punya gejala. Nah, gejala penyakit scabies yang utama adalah gatal pada kulit dan akan memburuk pada malam harinya. Rasa gatal terjadi karena reaksi alergi kulit terhadap tungau tsb. Gejala berikutnya, (kebanyakan) terjadi secara berkelompok.

Gejala scabies yang lainnya meliputi :
  • Gatal di sela-sela jari tangan dan pergelangan tangan
  • Gatal pada permukaan luar siku dan di ketiak.
  • Gatal disekitar perut dan pusar.
  • Gatal pada bagian bokong dan selangkangan
  • Gatal pada bagian tubuh lainnya.
Pada bayi dan anak kecil lainnya, gatal-gatal dan iritasi kulit lainnya juga dapat terjadi pada kulit kepala, leher, dan wajah, telapak tangan, dan telapak kaki.

Penyakit scabies tidak dapat sembuh sendirinya. Untuk menghilangkannya dan agar tidak menyebar kepada orang lain perlu menggunakan obat scabies berupa krim khusus atau lotion yang dioleskan pada kulit. Obat scabies krim ini mengandung permethrin atau kandungan lainnya.

Oleskan obat scabies secara merata di kulit yang terkena kutu secara merata lalu diamkan sekitar setengah hari lalu bilas atau bersihkan dengan mandi. Kalau bisa menggunakan air hangat.

Untuk memutus rantai perkembang biakan nya, kita juga harus mengobati orang yang ada disekitar kita seperti keluarga, dll. Membersihkan tempat, sprei, pakaian, sofa yang ditempati oleh penderita dengan menggunakan air hangat dan jemur di terik matahari. Cuci dengan HATI HATI.


Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.