Our social:

Sunday 25 January 2015

Sekilas CC206


Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Halo gan! berjumpa lagi dengan saya Lukman_Hg di blog  GAPLEK tercinta ini. Kali ini, kita akan membahas sedikit tentang sebuah lokomotif yang masih muda dan seger, wkwkw, yaitu CC206.
Yup, lokomotif baru CC206 keluaran General Electric Amerika Serikat. Lokomotif ini mempunyai beberapa keunggulan dari kakak2nya, hehehe a.k.a cc201, cc203, cc204, yaitu sebagai berikut.

  1. Memiliki dua kabin. Tidak seperti kakaknya, lokomotif ini mempunyai dua kabin yang sebenarnya untuk memudahkan lokomotif, maksudnya, lokomotif tersebut tidak mulu diputar. Dan dengan adanya dua kabin tersebut, masinis tidak perlu ber long hood (LH) ria. Cukup dengan bershort hood (SH) yang nyaman untuk seorang masinis mengemudikannya karena semua angle yang ada di depan terlihat. hehe.
  2. Emisi gas buang (CMIIW) lebih sedikit. Lokomotif cc206 GE 7FDL-8 baru, emisinya setara dengan lokomotif  Dash-9 di Amerika serikat.
  3. Memiliki tenaga yang lebih kuat dari lokomotif sebelumnya (2000 Horsepower), yaitu 2.250 Horsepower (HP). Dengan tenaga yang lebih kuat ini gan, lokomotif 206 ini mampu membawa gerbong ataupun kereta yang lebih banyak daripada lokomotif sebelumnya.
  4. Panel pengontrol modern. Ya gan, lokomotif ini dah kayak cockpit pesawat aja, modern semua. Tinggal ctek ctek dah jalan dah, tapi harus tetap sesuai prosedur lah..wkwkwk .:D
Mungkin agan masih bingung, apa sih yang dimaksud modern? emang dulunya kayak apa?
Oke oke, jadi gini gan, modern itu
Kalo yang lokomotif sebelumnya, kira kira seperti ini gan.
 Permisi yang punya gambar, saya pinjem ya?
Oke BTT.
Untuk perangkat elektroniknya, cc206 menggunakan komputer  GE BrightStar™ Sirius yang dipadukan ddengan layar monitor GE Integrated Function Display (GE IFD) seperti lokomotif Dash-9 gan.
Ada sebuah fakta yang menurut saya ya lucu juga sih. Karena memiliki suara klakson yang berbeda dari lokomotif lainnya, yaitu dengan suara gimana ya? ya puoooonnnggsss, gitu lah.makanya dijuluki dengan si puongs, hehe.
Dari segi desain gan, lokomotif ini mirip juga dengan British Rail Class 70 seri GE PowerHaul yang beroperasi di Britania Raya. Bedanya, cc206 ini menggunakan kaca depan yang sama dengan kakaknya, yaitu dengan 2 kaca di depan.
Okelah gan, itulah sedikit pengetahuan tentang CC206 yang gress..wkwkwkwk. *ngomong aje kalo lu cape nulis, yakan??* "orak iiii.. :P" *:p*
yap, byebye..sampai bertemu di artikel dan pengalaman berikutnya dari Hage RFBM.
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.
Semoga bermanfaat :D Lukman Hg.

1 comment:

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.