Our social:

Monday 12 January 2015

3 Fungsi Bogie Kereta Api

Buat postingan pertama ane, ane akan mbahas tentang bogie kereta nih. Bogie kereta itu ibarat kalo di mobil, jadi ban nya. Tanpa ban kan mobil nggak bisa jalan tuh. Nah, di gerbong, kereta juga gitu, tanpa bogie tsb, kereta gak bisa jalan. Selain itu, ada fungsi lain dari bogie kereta api ini, yaitu :


1. Memudahkan untuk berjalan di tikungan.
Karena kereta api ini adalah sarana transportasi umum dan pengiriman barang yang membutuhkan volume yang besar serta meningkatnya daya pada lokomotif , maka angkutan baik kereta, gerbong, KRL, dsb. diharuskan untuk dibuat lebih panjang. Dengan adanya konstruksi bogie ini, maka kereta akan lebih mudah melalui tikungan. Begitu juga untuk melalui wesel untuk berpindah jalur, Bogie kereta akan berputar terhadap bogie sesuai dengan tingkat "belokan"nya atau radius lengkung jalan rel yang dilewati.
2. Meningkatkan kapasitas muat.
Kereta/gerbong (kereta dan gerbong itu beda lho yaa) yang menggunakan bogie akan meningkat kapasitas muatnya apabila dibandingkan dengan kereta atau gerbong dua gandar. Dengan demikian, daya angkut nya akan meningkat.
3. Meningkatkan kecepatan dan kenyamanan angkutan.
Konstruksi bogie memungkinkan pemasangan susunan pegas yang lebih banyak baik antara roda dengan rangkaian bogie maupun antara bogie dengan body kereta itu sendiri. Hal tersebut (peningkatan pemasangan pegas) dapat meningkatkan standart kenyamanan kereta itu sendiri teman - teman. Nah, kalo sudah begitu, meskipun kereta tersebut berjalan dg cepat, penumpang atau barang tidak akan terguncang terlalu keras.

Oke gaes, (asekk ah), demikian sedikit tentang fungsi bogie, yah meskipun cuma sdikit tapi paling tidak, ilmu anda semua bertambah *Amiin*.
 Maaf kalo ada kesalahan, kritik saran diterima, karena ini pertama ane coret coret. Sekian, Terima Kasih.


Salam hangat dari blogger Semarang. Hg.

No comments:

Post a Comment

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.