Our social:

Tuesday 20 January 2015

Cara Mudah Reservasi Tiket Kereta Api Via Online

 Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
(ayooo dijawab dulu salam nye, wkwkwk)

Selamat apa aja pemirsa dimanapun anda berada.| Lhah, kok pemirsa sih? | Emang apaan tong?? | mmmhh, lanjut aja deh, wkwkwk | Lu mah ganggu doang :v :p
Ehh, maap yeh, malah nglantur kemana mana, hehe..oke gaes, kali ini kita akan bahas tentang gimana sih, cara pesen tiket kereta api melalui media online??
 Berdasar pengalaman gaes, ane tuh suka geregetan kalo pesen di loket, soalnya biasanya tiket abis gara gara keduluan yang beli via online, ya kan? mungkin gaes gaes skalian ada yang sepengalaman ama ane. :v
*Lanjut gaaaaan*|"Iye iye, sabar dulu ah tong!"
Nah, langsung aja, cekidoooottt...

1. Buka situs resmi reservasi PT. KAI di [https://tiket.kereta-api.co.id/]  Atau di situs reservasi lain [http://www.tiket.com/] Kalo ane gaes, prefer to pilihan yang kedua aja, emang karena sudah biasa juga sih.. :D
2. Pilih tab kereta api gan kalo di tiket.com trus tinggal pilih dah jadwal keberangkatan, jumlah penumpang, stasiun asal dan stasiun tiba. Kalo di pilihan pertama, langsung masukin aja jadwal keberangkatan, jumlah penumpang, stasiun asal dan stasiun tiba.
3. Kalo di tiket.com, klik "cari kereta api" lalu pilih dah kereta yang agan inginkan dengan klik "pesan sekarang", jangan lupa liat harga ya, terutama yang merantau kayak ane kwkwkw :D. *untuk slanjut nya ane terusin pake tiket.com ya, soale aku bingung rekk kalo pake web kereta apinya.. :v
4. Isi titel agan, alamat email, no. telp, tanggal lahir, kartu identitas agan(<17 tahun tidak wajib isi gan) lalu kalo agan pengen pilih kursi klik "pilih kursi" atau langsung klik "bayar sekarang".
5. Kalo sudah, agan bisa bayar sesuai dengan ketentuan. Setelah bayar, pihak tiket.com akan mengirim "reng-rengan" uraian kereta api yang akan agan gunakan ke alamat email yang telah diketik. *"Ane nyaranin buat download tuh gambar, print, dan ingat kode booking yang tertera gan, biar gak apa ya? biar gak kelabakan lah istilahnya..hehe"*

Gimana? mudah kan? ada juga aplikasi spt paditrain dan lain lain yang bisa di pake di smartphone agan. Mudah juga kan? pake data paket, akses, dapet dah tiketnya, hehe..caranya juga hampir sama kok gan.

Lalu bagaimana cara pembayaran menggunakan ATM? ane akan beri tahu cara pembayaran menggunakan ATM BRI, selain ATM BRI maaf ya kalian bisa search sendiri di Google.
Berikut cara pembayaran menngunakan ATM BRI dan pencetakan tiket nya :
  1. Pergi ke ATM BRI terdekat,masukkan kartu ke dalam ATM
  2. Masukkan PIN
  3. Pilih menu pembayaran
  4. Pilih Ticketing
  5. Pilih Kereta Api
  6. Masukkan 13 digit Kode Pembayaran ( ex: 998xxx…)
  7. Akan muncul informasi reservasi anda serta nama perjalanan kereta nya
  8. Konfirmasikan pembayaran anda dan klik Benar
  9. Setelah itu keluar struk pembayaran berisi Kode Pembayaran tadi dan informasi reservasi anda
  10. Pembayaran melalui ATM telah seleseai
  11. Cek status pembayaran anda di CEK KODE BOOKING di situs reservasi PT. KAI (Info Jadwal dan Reservasi) setelah anda membayar status nya berubah menjadi LUNAS atau SUDAH BAYAR
  12. Tukarkan struk tersebut ke loket stasiun atau bisa langsung ke CTM(Cetak Tiket Mandiri) agar lebih mudah mendapat tiket kereta tanpa harus mengantre
  13. Untuk mencetak tiket sendiri di CTM, cukup masukkan Kode Pembayaran di layar sentuh CTM, kemudian klik OK. Tiket yang anda pesan langsung tercetak.
Sangat mudah sekali bukan? Kita yang memesan tiket sendiri dan membayar sendiri lalu kita juga sendiri yang mencetak tiket.Saya sendiri cukup puas dengan peraturan PT. KAI saat ini,karena tertib nyaman dan tidak ada penumpang yang dirugikan. Semua kereta juga sudah nyaman dan tidak ada pedagang asongan.
Jangan lupa,saat keberangkatan di stasiun bawalah identitas anda seperti KTP bagi yang berumur di atas 17 tahun dan KK untuk yang berumur di bawah 17 tahun. Guna melancarkan proses Boarding di stasiun, udh kayak naik pesawat aja yaa gaess.

pict from :  http://rifqi-taufiqurr.blogspot.com
Untuk fasilitas Cetak Tiket Mandiri,para penumpang bisa melakukannya di stasiun besar di pulau jawa,berikut stasiun yang sudah terintegrasi dengan fasilitas CTM :
  1. DAOP 1 Jakarta : Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen,Stasiun Kota, Stasiun Bekasi, Stasiun Bogor,Stasiun Tangerang
  2. DAOP 2 Bandung : Stasiun Bandung Hall
  3. DAOP 3 Cirebon : Stasiun Cirebon Kejaksan
  4. DAOP 4 Semarang : Stasiun Semarang Tawang
  5. DAOP 5 Purwokerto : Stasiun Purwokerto, Stasiun Kutoarjo
  6. DAOP 6 Yogyakarta : Stasiun Tugu Yogya, Stasiun Lempuyangan
  7. DAOP 7 Madiun : Stasiun Madiun, Stasiun Kediri
  8. DAOP 8 Surabaya : Stasiun Pasar Turi, Stasiun Gubeng
  9. DAOP 9 Jember : Stasiun Jember, Stasiun Banyuwangi
Tambahan nih,kalau kalian beruntung disetiap ada event seperti Lebaran atau liburan semester biasa nya PT. KAI menyiapkan 1 Gerbong khusus untuk TIKET PROMO di seluruh kelas kereta api,menyenangkan bukan? Bisa mendapat tiket kereta Eksekutif seharga 99 ribu.
Tiket promo ini cukup sulit di dapat karena banyak orang yang memburu nya.Di reservasi online,tiket promo ini baru ane lihat situs http://tiket.com dengan warna merah mencolok yang bertuliskan PROMO, dan juga aplikasi PadiTrain dan KAI ACCESS. ane belum melihat penampakan tiket promo tersebut di situs website reservasi resmi PT. KAI.

Udahan yah gan, capek juga ngetik dan copas dikit dari blog2 referensi, haha..
Wassalamu'alaikum. Wr. Wb.

Semoga bermanfaat :D Lukman Hg.

3 comments:

  1. gan, kode VAnya yg bener 13 apa 16 digit?

    ReplyDelete
  2. Beli tiket sekarang bisa dimana pun ya dan makin gampang banget. Klo ane tong, sekarang biasanya beli pake appsnya KAI Access itu. Review KAI Acces ada ane tulis disini gan. Moga membantu pembaca-pembaca wesikuae yoo..

    Salam

    ReplyDelete

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.