Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Halo gan! Di suatu sore, saya kepikiran untuk membuat sebuah artikel, tapi kok malas buat nulis juga. Iseng saya browsing di semboyan35.com dan ketemu sama artikel yang bagus nih untuk nambah pengetahuan. Itung itung lanjutan dari postingan yang ini nih 3 fungsi bogie kereta api hehehehe :D
Oke deh, langsung sajaa, kita sambut, Ini dia, daaannn, *Lama amat*"hehe, ya sabar aja kali!" Cekidoooot..
Macam Macam Bogie Kereta penumpang
Jenis
atau tipe bogie yang digunakan pada kereta penumpang paling banyak,
mengingat diproduksi oleh berbagai pabrik dan berbagai negara dan sampai
sekarang masih terdapat kereta yang berumur lebih dari 50 tahun. Setiap
jenis bogie mempunyai nama yang berupa nama pabrik, nama asal negara
pembuat atau seri suatu tipe bogie, namun PT. Kereta Api Indonesia
(Persero) memberikan nama berdasarkan bentuk dan ciri kotak gandar (axle box) agar lebih mudah dikenal secara visual yaitu: K2, K3, K4 dan seterusnya.
1) Bogie Pennsylvania (K2)
Bogie ini sudah hampir punah, pernah digunakan pada kereta kelas 3 (K3) dan kereta bagasi (B) yang dibuat sekitar tahun 1954. Bogie ini merupakan satu-satunya jenis bogie yang menggunakan batang penghubung antara periuk gandar yang satu dengan yang lainnya. Pegas primer menggunakan pegas ulir sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas daun, tanpa dilengkapi peredam kejut (shock absorber)
1) Bogie Pennsylvania (K2)
Bogie ini sudah hampir punah, pernah digunakan pada kereta kelas 3 (K3) dan kereta bagasi (B) yang dibuat sekitar tahun 1954. Bogie ini merupakan satu-satunya jenis bogie yang menggunakan batang penghubung antara periuk gandar yang satu dengan yang lainnya. Pegas primer menggunakan pegas ulir sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas daun, tanpa dilengkapi peredam kejut (shock absorber)
2) Bogie Cradle (K3)
Bogie ini juga sudah hampir punah, masih ada pada kereta ukur DINW-1 atau U-25301 buatan tahun 1925 yang telah mengalami modifikasi dari plain bearing menjadi roller bearing, dan sekarang berada di BY MRI. Selain itu, KA Inspeksi Divre I Sumatra Utara juga menggunakan bogie Cradle. Pegas primer dikombinasikan dengan pegas ulir, sedangkan pegas sekunder menggunan pegas daun tanpa dilengkapi peredam kejut.
3) Bogie SIG atau NT.504 (K4)
Digunakan pada kereta penumpang kelas 3 (K3) dan populasinya tinggal sedikit, yaitu pada kereta buatan tahun 1963/1964.
Bogie ini juga sudah hampir punah, masih ada pada kereta ukur DINW-1 atau U-25301 buatan tahun 1925 yang telah mengalami modifikasi dari plain bearing menjadi roller bearing, dan sekarang berada di BY MRI. Selain itu, KA Inspeksi Divre I Sumatra Utara juga menggunakan bogie Cradle. Pegas primer dikombinasikan dengan pegas ulir, sedangkan pegas sekunder menggunan pegas daun tanpa dilengkapi peredam kejut.
3) Bogie SIG atau NT.504 (K4)
Digunakan pada kereta penumpang kelas 3 (K3) dan populasinya tinggal sedikit, yaitu pada kereta buatan tahun 1963/1964.
Bogie K4
Pegas primer pada bogie ini adalah pegas ulir yang dilengkapi peredam kejut yang berfungsi juga sebagai pengarah gandar (axle guide), sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas torsi tanpa peredam kejut.
4. Bogie NT 11 (K5)
Bogie
NT 11 adalah bogie dengan populasi terbanyak di Indonesia, dan
digunakan pada kereta eksekutif, bisnis dan ekonomi. Bogie ini
mengunakan pegas ulir sebagai primer maupun sekunder, yang dilengkapi
dengan peredam kejut arah vertikal pada pemegasan sekunder.
Salah Satu Contoh Bogie K5 buatan INKA
Bogie K5
Kereta-kereta
yang menggunakan bogie NT 11 diproduksi oleh berbagai pabrik
Yugoslavia, Hongaria, Jepang, PT. INKA (Indonesia). Selama ini dinilai
bahwa bogie NT 11 merupakan jenis bogie yang paling sesuai dengan
kondisi jalan rel di Indonesia.
Bogie TB 398 (K5)
Kereta-kereta
baru dari PT INKA seperti Gajayana, Harina, Argo Gede, dan kereta kelas
3 mengggunakan bogie K5 yang sepenuhnya dirancang dan dibat PT INKA
yaitu TB 398 ( Triler Bogie desain K3 tahun 1998).
5. Bogie Ferrostahl (K6)
Bogie
Ferrostahl digunakan pada kereta kelas 3 dan kereta makan kelas 3 (KM
3) dengan populasi tinggal sedikit, dibuat pada 1965/1966 di Jerman.
Bogie K6
Pegas primer pada bogie ini menggunakan pegas ulir dan pegas sekunder adalah pegas daun tanpa dilengkapi peredam kejut.
6. Bogie Gorlitz (K7)
Bogie
Gorlitz digunakan pada kereta eksekutif, bisnis, maupun ekonomi dengan
populasinya yang tidak begitu banyak. Pegas primer aupun sekunder
menggunakan pegas ulir dan dilengkapi dengan peredam kejut arah vertikal
dan lateral. Bogie Gorlitz merupakan bogie yang tidak mengunakan pelat
gesek sebagai pengarah periuk gandar.
Bogie K7
7. Bogie NT 60 (K8)
Bogie NT 60 adalah bogie generasi baru yang dibuat PT INKA untuk kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Pegas primer menggunakan pegas karet (connical rubber bonded) dan pegas sekunder menggunakan pegas ulir yang dilengkapi peredam kejut. Bogie NT 60 merupakan bogie pertama, tanpa menggunakan pelat gesek pada pengarah gandar maupun batang ayun.
8. Bogie Bolsterless (K9)
Bogie Bolsterless adalah bogie generasi terbaru pada kereta penumpang yang dibuat pada tahun 1997 untuk kelas eksekutif Kereta pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, dan Argo Sindoro. Pada bogie ini digunakan pegas karet konus sebagai primer dan pegas udara (Air Spring) sebagai pegas sekunder dilengkap dengan peredam kejut dan anti roll device.
( Sumber : Situs resmi INKA )
|
minta data axle bos kereta gerbong om kalo punya hehehe
ReplyDeleteminta data axle box kereta gerbong om kalo punya hehehe
ReplyDelete